You are here: Home
Error
  • JUser: :_load: Unable to load user with ID: 46
Tuesday, 07 August 2012 08:08

Sosialisasi SOP dan Anjab Featured

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Kementerian Agama Kabupaten Aceh Utara mengadakan Kegiatan Sosialisasi Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Analisis Jabatan ( Anjab) yang dilaksanakan selama 2 hari dan diikuti oleh 56 Satker dari Madrasah   ( MI, MTs, MA) 27 dari Kantor Urusan Agama, Kasi dan Staf dari Kantor Kemenag 8 Orang yang semuanya berjumlah 87 Orang. Kegiatan ini dilaksanakan Dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik dan bersih ( good governance dan Clean governance ) sesuai dengan arah dan kebijakan reformasi secara nasional, maka Kementerian Agama yang tengah melaksankan program reformasi birokrasi dibidang organisasi, ketatalaksanaan, dan kepegawaian. Oleh karena itu, semua Kementerian Agama dituntut melakukan pembenahan birokrasi dijajarannya baik dipusat maupun daerah. Salah satu langkah dari reformasi birokrasi dibidang penataan organisasi dan ketatalaksaan untuk memodernisasi organisasi melalui pemisahan, penggabungan dan penajaman tugas dan fungsi organisasi, maka perlu memperhatikan analisis dan evaluasi jabatan, analisis beban kerja melalui job descriptions dan dengan penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) guna peningkatan pelayanan publik

 Kementerian Agama Kabupaten Aceh Utara sebagai bagian dari birokrasi pemerintah juga mendukung pelaksanaan Reformasi Birokrasi . ianya merupakan salah satu unit eselon tiga dikementerian agama mempunyai tugas menyelenggarakan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas dilingkungan Kementerian Agama Kab. Aceh Utara. Kegiatan ini dilakukan agar mampu menjamin bahwa kegiatan yang dilakukan oleh satuan organisasi / kerja dilingkungan Kementerian Agama Kabupaten Aceh Utara berjalan sesuai dengan rencana yang ditetapkan dan kebijakan yang digariskan dapat menjadi alat kendali dan alat ukur terhadap proses dan hasil kerja yang ingin dicapai oleh Kementerian Agama Kab. Aceh Utara.

 Upaya Kementerian Agam Kabupaten Aceh Utara dalam memudahkan pelaksanaan tugas dan melaksanakan salah satu langkah Reformasi Birokrasi adalah penyusunan standar operasional prosedur (SOP) dan dilaksanakan analisis jabatan dibidang kepegawaian. Sebagaimana yang ditegaskan oleh Kakankemenag Aceh Utara Drs. H. Zulkifli Idris, M. Pd pada pembukaan Kegiatan yang dilaksanakan di Aula MPU Kota Lhokseumawe Standar Operasional Prosedur (SOP) dimaksud sebagai tahapan yang dibakukan dan yang harus dilalui untuk menyelesaikan suatu proses kerja. Sedangkan pedoman Analisis jabatan adalah untuk menyediakan pedoman yang dapat dijadikan acuan dalam pelaksanaan analisis jabatan.

Adapun Tujuan pelaksanaan kegiatan sebagai mana yang disampaikan oleh Ketua Panitia H. Asnawi, S. Ag antara lain :

1.      Terwujudnya pedoman dan standar kerja dalam pelaksanaan program dan kegiatan pada Kementerian Agama Kab. Aceh Utara

2.      Terwujudnya persamaan persepsi dalam pelaksanaan tugas dan fungsi pengawasan.

3.      Terwujudnya alur tugas, wewenang dan tanggungjawab dari pelaksaan tugas

4.   Untuk membantu dan memudahkan satker dalam melaksanakan analisis jabatan dengan format-format data serta langkah yang akan dilakukan dalam perumusan hasil analisis jabatan.

5.      Untuk membantu satker dikementerian agama Kabupaten Aceh Utara dalam melakukan penataan kepegawaian yang sekaligus  memberikan umpan baik bagi penyempurnaan organisasi dan tata laksana.

Kegiatan ini mengambil tema “Sosialisasi Standar Operasional Prosedur dan pedoman pelaksanaan Analisis Jabatan” Materi yang disampaikan mengenai :

a.       Pedoman penyusunan SOP

b.      Langkah-langkah Penyusunan SOP

c.       Praktik penyusunan SOP

d.      Pedoman penyusunan Analisi Jabatan

Dengan nara sumber dari Kantor Kementerian Agama Kab. Aceh Utara Mukhlis, S. HI. MA. Zulfahmi, SE dan Sri Irmayanti . Tim pemandu Drs. Suhartini, M.Soc.Sc, Muhajir dan T. Azhar.

 

Read 182683 times Last modified on 01 November 2012

Info Penting

Permintaan Surat Tanggung Jawab Mutlak dalam Rangka Penguguran Tanda Bintang pada DIPA Tahun 2013

15 March 2013

Keterangan : 1. Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak dibuat per DIPA, misalnya untuk Kantor Kementerian Agama Kabupaten / Kota dibuat 4 SPTJM bila memilki 4 buah DIPA. 2. Bermaterai Rp. 6000,-...